Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Dasar Belajar Cukur Rambut Untuk Menjadi Barbershopmen

Kunci dasar belajar cukur rambut, keberhasilan seseorang dalam belajar menjadi barbermen atau tukang cukur di ukur dari bagaimana dia mampu membaca poster gambar atau photo model rambut yang sering kita jumpai di barbershop atau pangkas rambut. 

Yang dimaksud dalam keberhasilan hal ini ialah ketika seseorang barberman melihat poster gambar atau foto model rambut, dia langsung paham bagaimana proses mengerjakannya step by stepnya.

Selain itu mengetahui juga peralatan apa saja yang dibutuhkan, sehingga dalam aplikasi praktek hasilnya akan sama dan sesuai atau mirip dengah gambar/ photo model pada rambut tersebut.

Keberhasilan inilah yang nantinya akan menjadi faktor utama kepuasan custemer atau pelanggan barbershop kamu. Dan dari sinilah sukses tidaknya bisnis pangkas rambut atau barbershop anda kelak.

Maka untuk melatih kemampuan membaca model rambut yang pertama tama kita harus mengetahui terlebih dahulu yang namanya teori Pembagian Area Kepala. Guna memahami teori pembagian area kepala yaitu cara untuk mempermudah kita dalam membaca model rambut. Dimana dalam teori ini kepalamanusia di bagi menjadi 4 area.

Berikut pembagian area kepala
1. Area satu
2. Area dua
3. Area tiga dan
4. Top area

Dari keempat area yang di sebutkan diatas kita akan tahu bagaimana proses pengerjaan dalam memangkas rambut dan masing masing area ini mempunyai tehnik tersendiri dan peralatan yang berbeda

Gambar dibawah ini merupakan gambar pembagian area kepala silahkan perhatikan dan hafalkan, sebab teori ini sangat penting dan dasar keilmuan seorang barberman. Dengan menguasai teori ini anda bukan saja menjadi seorang barberman tapi anda juga bisa menjadi seorang Trainer Barberman

Penjelasan gambar area:
Area satu
Silahkan perhatikan gambar diatas pada area satu. Area satu adalah area paling bawah dari rambut kita, cara mudah memahami area ini ialah.
  • pada bagian samping patokan batas areanya adalah dari rambut ujung paling bawah sampai pada sudut rambut yang lancip ke depan semua orang pasti memiliki sudut rambut ini
  • pada seluruh area satu ini berjarak dua jari pada bagian samping dan belakang

Area kedua
Kamu bisa perhatikan kembali gambar sebelumnya pada area kedua, cara mudah dalam memahami area ini adalah
  • pada bagian samping batas area ada antara batas area satu (sudut runcing rambut kedepan) sampai pada sudut runcing kedalam, semua orang punya sudut rambut yang kedalam, atau bisa juga sampai belahan sisir rambut.
  • pada bagian belakang patokan batas area dua ini ada pada batas area satu sampai jarak lurus rambut dengan bagian kuping paling atas

Area ketiga
Area ketiga adalah area yang berada di sudut atas kepala belakang, berikut cara mudah untuk memahami area ini yaitu
  • pada bagian belakang berbatasan dengan area dua
  • pada bagian atas berbatasan dengan Top Area yaitu area yang ke empat
  • area ini disekitar sudut atas kepala bagian belakang

Top area
Top area adalah area yang berada di atas kepala silahkan perhatikan gambar diatas, begini cara mudah untuk memahami area ini
  •  pada bagian belakang berbatasan dengan area tiga atau 4 jari dari sudut atas belakang kepala sampai kebawah
  • sedangkan pada bagian samping berbatasan dengan area kedua
Penjelasan tehnik tehnik yang biasa di gunakan masing masing area

Area satu
Tehnik yang paling sering digunakan pada area satu ini adalah tehnik mencungkil.
Peralatan yang umum di gunakan pada area satu ini adalah kliper dengan ukuran sepatu 1-2 atau tanpa mata sepatu, pisau cukur lipat untuk mengerik dan merapihkan pinggiran rambut paling bawah. Busa sabun atau shampo digunakan untuk mempermudah proses pengerikan dengan cara dioleskan di sekitar rambut yang ingin di kerik.

Area dua
Tehnik yang biasa di gunakan pada tehnik kedua ini ialah tehnik kliper root dan gunting stylish serta sedikit tehnik sasak.
Untuk alat yang umum di gunakan adalah kliper dengan ukuran sepatu 1-4 (tanpa mata sepatu untuk model rambut tertentu) sisir, gunting staylish dan gunting sasak untuk menyamarkan batas area rambut

Area tiga
Pada area tiga ini yaitu tehnik kliper root dan gunting stylist dan full tehnik sasak.
Peralatan yang biasa di gunakan pada area ketiga ini ialah 
Kliper dengan ukuran sepatu 3-5, sisir, gunting staylist dan gunting sasak untuk menipiskan rambut

Top area
Area terakhir bagian atas kepala, top area untuk tehnik yang umum digunakan adalah tehnik gunting staylist dan tehnik sasak.
Alat yang biasa digunakan kliper tanpa sepatu, Sisir, gunting stylist serta gunting sasak untuk menipiskan rambut

Itulah beberapa teori dasar cukur rambut yang harus dipahami seorang barberman atau tukang cukur
Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain

Post a Comment for "Kunci Dasar Belajar Cukur Rambut Untuk Menjadi Barbershopmen"