Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Paling Mudah Mengatasi Dan Mencegah Bau Tidak Sedap Pada Mulut

Timbulnya bau pada mulut   sangat mengganggu aktifitas sehari hari dan pasti semua orang tidak menginginkan hal ini terjadi pada dirinya, Sudah barang tentu ini akan membuat risih serta menimbulkan ketidak percaya diri baik ketika berada di tempat umum atau sedang berintraksi dengan orang lain, begitu juga dengan orang lain pasti akan merasa tidak nyaman dengan kita ketika kita sedang berbicara.

Terjadinya bau tidak sedap pada mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seperti tidak terjaganya dengan baik kebersihan pada mulut sehingga menyebabkan timbul plak pada gigi (jigong), adanya bakteri pada gigi, gigi berlubang.  penyebab lain yang dapat mengakibatkan bau mulut tidak sedap adalah sinusitis, xerostomia dan gangguan pada saluran pencernaan.


Apakah bau mulut tidak sedap bisa di atasi? Tentu saja bisa, Berikut kami telah mengumpulkan beberapa sumber cara untuk mengatasi serta mencegah bau mulut tidak sedap.

1. Kumur-kumur 

Cara ini bisa kamu lakukan saat ingin tidur dan setelah bangun tidur kumur kumur dengan air hangat, tujuannya untuk menghindari pertikal-pertikal sisa makanan yang ada di mulut atau yang menempel di sela-sela gigi yang tidak kita ketahui, Nah jika dibiarkan sisa makanan yang menempel di mulut saat kita tidur bisa mengakibatkan pembusukan.

2. Minum Air Putih

Pernah tidak kamu ngalami pada saat bangun tidur mulut kamu merasa kering dan tercium bau yang tidak sedap, hemm pernah ya ngalamin hal seperti itu, nah penyebabnya dikarenakan pada saat tidur produksi air liur di mulut kita berkurang selama semalaman.

Jika begitu hal yang bisa kamu lakukan ketika bangun tidur adalah dengan segera mengonsumsi air putih, untuk mengatasi mulut yang kering serta bisa mencegah bau mulut selama seharian dan mencegah sisa makanan yang terjebak di sela sela gigi yang dapat mengakibatkan tumbuhnya bakteri.

3. Kunyak Permen Karet

Cara selanjutnya untuk mencegah bau tidak sedap pada mulut saat berintraksi dengan orang lain, solusi yang bisa kamu coba adalah dengan mengunyak Permen Karet yang rasa Mint. Permen dengan rasa mint bebas gula selain menghilangkan bau mulut, permen juga dapat menjaga air liur tetap sehat, dimana mampu menghadilkan asam dalam mulut.

4. Makan Buah

Buah sudah dikenal sejak lama dan hampir semua orang tahu bahwa buah memiliki manfaat untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh sangat bagus jika di konsumsi setiap hari, Buah juga mampu mengatasi bau tidak sedap pada mulut.

Lalu buah apa yang cocok untuk menghilangkan bau mulut, kamu bisa mengkonsumsi buah apel, Buah yang satu ini memiliki kandungan polifenol maka mampu membasmi bakteri sekaligus menghilangkan senyawa penyebab bau mulut, untuk buah lain selain apel pilihlah buah yang memiliki kandungan vitamin C.

5. Sikat Gigi

Sebagian dari kita melakukan sikat gigi 1 kali dalam sehari, coba lakukan sikat gigi 3 kali dalam sehari atau setelah makan dan saat ingin tidur agar pertikal dan bakteri-bakteri tidak menempel di gigi terlalu lama sehingga mengakibatkan timbulnya bau pada mulut.

6. Bersihkan Lidah

Mungkin yang satu ini jarang kamu lakukan sehingga menimbulkan bau pada mulut yaitu membersihkan lidah, lapisan pada lidah bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri yang mengakibatkan mulut bau, untuk itu bersihkan lidah secara rutin, kamu bisa membeli khusus pembersih lidah di mini market terdekat.

7. Gunakan Obat Kumur

Selain dari 6 cara diatas kamu juga bisa menggunakan obat kumur lho, obat kumur selain menyegarkan pernapasan bisa juga menghilangkan bau tidak sedap pada mulut, Selain itu juga dapat memberikan perlindungan ekstra membasmi bakteri dalam mulut. Jangan salah pilih obat kumur ya, rekomendasi pilih obat kumur yang memiliki khasiat gintigingivitis atau kekutan anti karang gigi.

8. Hindari Rokok Dan Alkohol

Mengkonsumsi rokok dan alkohol memang tidak baik untuk tubuh dan kesehatan, Selain itu dapat menimbulkan bau pada mulut, kandungan nikotin pada rokok dapat mengurangi pembuluhan darah sehingga tidak mendapatkan aliran liur yang sehat, hal ini yang mengakibatkan terjadinya bau pada mulut.

9. Periksa ke dokter

Ini merupakan cara terakhir jika cara di atas tidak mampu menghilangkan bau tidak sedap pada mulut kamu, kamu bisa periksakan ke dokter. Untuk pemeriksaan kedokter tidak perlu setiap minggu kamu bisa melakukan pemeriksaan paling tidak 3 bulan sekali.

Itulah 9 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau tidak sedap pada mulut, bagaimana apakah kamu sudah melakukan salah satu diantaranya, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca sumber artikel cindriyanto.com


Admin
Admin Hanya seorang hamba tuhan yang ingin bermanfaat bagi orang lain

Post a Comment for "9 Cara Paling Mudah Mengatasi Dan Mencegah Bau Tidak Sedap Pada Mulut"