Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal kain Tapis Lampung


Kain tapis lampung adalah pakaian wanita suku lampung yang berbentuk kain sarung terbuat dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sugi, benang perak atau benang emas dengan sistim sulam ( lampung "cucuk")

Dengan demikian yang dimaksud dengan tapis lampung adalah hasil tenunan benang kapas dengan motif, benang perak atau benang emas dan menjadi pakaian khas suku lampung. Jenis tenun ini biasanya digunakan pada bagian pinggang ke bawah berbentuk sarung yang terbuat dari benang kapas dengan motif alam, flora dan fauna yang disulam dengan benang emas dan benang perak.

Tapis lampung merupakan kerajinan tradisional karena peralatan yang di gunakan dalam membuat kain dasar dan motif-motif hiasnya masih sederhana dan di kerjakan oleh penggerajin. Kerajinan ini dibuat oleh wanita, baik ibu rumah tangga maupun gadis-gadis ( muli-muli ) yang pada mulanya untuk mengisi waktu senggang dengan tujuan untuk memenuhi tuntutan adat istiadat yang di anggap sakral.

Kain tapis saat ini di produksi oleh pengrajin dengan ragam hias yang bermacam-macam sebagai barang komuditi yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Post a Comment for "Mengenal kain Tapis Lampung"